Tablet Pc dan Sejarahnya

LazadaID

Tablet Pc

Tablet Pc tidaklah benar-benar baru, hanya defenisihnya saja yang berubah drastis. Dulu tablet Pc mengacu pada laptop dengan layar sentuh yang bisa diputar dan dilipat kebelakang, dan dimaksudkan untuk mengakali laptop yang pada saat itu masih berukuran besar dan berat, sehingga tidak nyaman saat digunakan saat bepergian. Teknologi pada waktu itu memang masih terbatas sampai disitu.

Dunia komputer mungkin sulit ditebak. Komputer utama bagi sebagian besar bukan lagi PC, melainkan telpon. kalau komputer utama berada di meja kerja kantor atau di rumah, smartphone dibawa kemanapun dan telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Meski jadi semakin pintar, telepon seluler berukuran terlalu kecil untuk menggantikan pc sepenuhnya. Kita perlu perangkat untuk menjembatani celah antara komputer dan ponsel.

Perangkat tersebut telah hadir di tengah-tengah kita, dan kini kita tengah memasuki era Tablet Pc.

Tablet Pc Lama

Untungnya, berkat kemajuan teknologi dan tim desain Apple Tablet Pc seperti yang kita kenal saat ini bisa hadir. Ketika Ipad menyentuh pasar tahun lalu, banyak kritik yang mengatakan bahwa Ipad hanyalah Iphone besar minus kemampuan telpon. Pernyataan ini sepertinya tidak benar. sebaliknya, Ipad bahkan mendobrak semua yang selama ini kita pahami mengenai Tablet Pc. Pabrikan hardware lain dan Google dengan sistem Android mengikuti kesuksesan Appel dengan cepat lewat berbagai perangkat serupa (dan kadang lebih murah).

Tablet Pc yang kita kenal saat ini sesuai dengan namanya,tipis dan didominasi oleh layar.Sistem perangkat ini umumnya memiliki berat maksimal sekita 750g dan ukurannya hanya sebesar buku biasa.

Yang lebih penting lagi,software untuk Tablet Pc telah berubah. Tablet Pc tidak perlu kesulitan menjalankan Windows versi sebenarnya yang memerlukan processing power dalam jumlah yang signifikan dan kurang pas digunakan pada touch sceen sebagian besar tablet model baru yang dirilis belakang ini menggunakan sistem operasi mobile seperti Appel iOS atau Google Android.

Di tahun 2011 ini, kita melihat sederet tablet baru yang mengesankan. Hampir setiap perusahaan produsen komputer dan ponsel besar menawarankan produknya dalam berbagai ukuran berbeda.

Perangkat ini masih terus mengalami perkembangan, jadi kita boleh berharap untuk melihat berbagai disain tablet Pc, dari yang berukuran sekecil ponsel hingga perangkat yang menyaingi netbook dalam hak ukuran dan tenaga.

Appel iPed masih menjadi tablet yang paling populer,dan rilisnya iPad 2 menunjukan bahwa Apple masih memimpin pasaran. iPad 2 berukuran 24 x 185mm dengan tebal hanya kurang dari 8,8mm. Layarnya berukuran 9,7 incici. Dimensi ipad 2 yang hampir sama dengan buku membuat sebagian pengguna akan merasakan tak asing.

Tetapi,sejumlah perangkat,seperti Samsung Galaxy dan Blackberry PlayBook, merasa layar seukuran 10 inci kurang pas untuk menggunakan mobile. Merekan memiliki layar 7 inci yang membuatnya lebih portable ketimbang iPad,dan sejumlah produsen ponsel juga siap menawarkan layanan 3G yang di bundel dengan tablet Pc tertentu. Meskipun pada akhirnya, Samsung juga merilis tablet berukuran 10,1 inci berbasis Android.

Selain ukuran, Anda juga perlu mempertimbangkan sistem operasi yang dijalankan pada Tablet Pc. iPad 2 menjalankan sistem operasi Appel, iOS versi terbaru, seperti yang digunakan pada iPad ,iPhone,dan iPond Touch.

Sebagian sistem lain (seperti yang di buat oleh Samsung dan Motorola) menjalankan berbagi sistem Android. perangkat dengan layar 7 inci umumnya menggunakan android 2.2(dikenal dengan froyo),sementara perangkat 10 yang baru menjalnkan android 3.0 yang lebih canggih (dikenal dengan Honeycomb).Tetapi,HP TouchPad menggunakan sistem operasi HP WebOS dan Research in motion Blackberry Playbook menjalankan Blackberry Tablet OS bikinan sendiri.

Sebelum Appel merilis iPad umumnya tablet PC menggunakan sistem operasi Microsoft Windows dengan versi yang bisa dijalankan pada komputer berlayar sentuh. Asus Eee PC Touch dan Dell inspiron Duo memadukan pengalama touchsreen dengan windows 7,misalnya. Namun,penampilan lebih mirip laptop biasa dan penggunaanyapun terasa seperti PC tradisional ketimbang tablet yang menjalani sistem operasi khusus.

Bersamaan dengan itu,di pasaran juga hadir pembaca eBook seperti Amazon Kindle yang mungkin anda anggap seperti tablet Pc.Sebenarnya perangkaat ini sangat berbeda dengan tablet Pc dan hanya memiliki layar yang akan menyalah jika pengguna menekan tombolnya. Perangkat model ini dirancang hanya sebatas untuk menampilkan teks dan gambar diam.

Belum bisa dipastikan ukuran dan format tablet yang disukai pengguna dan industri, dan sebagian besarĀ  inipun di tentukan oleh selera pribadi layar 10 inci menawarkan penggunaan yang lebih nyaman,terutama ketika menggunakan keyboard on-Sceen, sementara Tablet Pc layar 7 inci lebih pas untuk di selipkan dalam tas dan muat juga dimasukkan ke dalam saku besar,Selain itu, setiap sistem operasi juga memiliki ciri khasnya tersendiri,dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Tablet Pc.

kudus komputer pati, tablet pc windows 7 murah, sejarah tablet
Tablet Pc dan Sejarahnya | Tablet Pc Admin | 4.5
Artikel Tablet PC Lainnya -->close