Sistem Operasi Android Honeycomb khusus Untuk Tablet Pc

LazadaID
Pin It

Sejak kemunculannya Android telah berkembang pesat,dan tidak hanya di kancah smartphone di mana ia dengan cepat menjadi OS pilihan bagi para pengguna perangkat mobile yang pintar. Tapi Google rupanya belum puas- mereka tidak berhenti sampai Android sukses mendominasi pasar dunia dan mereka ingin sistem operasi kerennya ini menguasai kancah tablet juga.

Sebenarnya mulai dari sistem operasi Android 1.6 pun sudah banyak Tablet Pc yang mengadopsi sistem operasi buatan Google tersebut. Tablet -tablet buatan china banyak yang menggunakan sistem ini,termasuk juga tablet buatan vendor besar – mulai dari Samsung Dell, Creative,dan sebagainya – yang umumnya menggunakan (minimal) sistem Android 2.2

Namun seringkali muncul kendala di sistem yang memang dirancang untuk perangkaat ponsel tersebut ketika dijalankan di perangkat dengan layar yang lebih lebar. Aplikasi yang berjalan kerap muncul dengan ukuran “tidak normal” di layar lebih lebar.

Karena masalah tersebutlah, akhirnya Google memutuskan untuk membuat versi baru Android yang di khususkan untuk tablet.Sistem yang akhirnya dinamai dengan Honeycom atau sarang madu dengan 3.0 tersebut dibuat dengan fitur- fitur yang mengakomodasikan tablet yang memiliki layar lebar luas dan di gunakan untuk melakukan browsing internet secara mobile.

KEUNGGULAN ANDROID HONEYCOMB

Android Honeycomb adalah versi 3.0 dari operasi Android,dan ia telah dikembangkan secara spesifik untuk dijalankan di tablet. Kenapa hal ini penting? Karena salah satu masalah besar dengan versi- versi sebelumnya dari Android yang berjalan di tablet adalah ia berperilaku seperti smartphone- ikon dan antarmuka-nya tidak di desain untuk layar yang berukuran lebih besar, dan seringkali kita menemukan bahwa versi smartphone dari Android tidak mampu memanfaatkan layar dari hardwere yang bertenaga yang diadopsi oleh tablet yang canggih dengan maksimal.

Keunggulan terbesar dan paling kentara dari Honeycomb adalah web browser-nya Tablet di buat untuk menjelajah web. Tapi supaya dapat mem-browsing web dengan nyaman, Anda akan membutuhkan browser ber-tab,seperti yang biasa kita pakai di laptop atau komputer desktop. Honeycomb memiliki browser dengan fitur tab ala Chrome sehingga anda dapat berpindah antara-tab dengan cepat.

Anda juga bisa membuka banyak halaman web berbeda dalam satu waktu dan berpindah dari tab satu ke tab lainya dengan cepat. Antarmukanya juga memberi kesan segar dengan efek semi-3D. Antarmuka home sreen-nya tetap mirip dengan Android versi sebelumnya Ada lima home yang masing- masing dapat dipersonalisasi dan di tambah widget dan shortcut aplikasi yang berbeda – beda. Pengguna bisa berpindah antara – home screen dengan menyapukan jari ke kanan dari kiri. Kustomisasinya juga meningkat sehingga dapat men-zoom ke dalam untuk melihat widget dan aplikasi yang berjalan dengan lebih cermat di home sceen yang bervariasi.

Keyboard yang tampil di layarnya telah dipermak sehingga kini tersedia sebuah tombol tab untuk berpindah antara- bidang kotak teks dengan cepat. Berguna jika anda sedang mengisi alamat atau sedang menjajal berbelanja  via online.

Kini juga hadir ‘System Bar’ di bagian bawah layar yang akan memberitahu Anda melalui notifikasi yang terkait dengan app yang sedang Anda jalankan, dan umumnya untuk memastikan anda selalu mengetahui apa yang sedang terjadi dengan si tablet.Pun disediakan tombol navigasi di layar untuk menambahkan fungsi kontrol.

keuntungan lainnya menggunakan OS bertenaga Google adalah berbagai layanan Google telah di selamatkan di dalamnya dan terintergrasi dengan baik. Google talk memungkinkan anda berkomunikasi lewat video,dan ada antarmuka yang didesain-ulang untuk YouTube yang akan menayangkan video-video dengan tampilan bak dinding berubin raksasa.

Ada pula akses ke Google eBooks dan versi app Gmail dan Contacts yang telah diplomalkan untuk tablet dengan antarmuka dua-panel,yang seharusnya akan memudahkan anda menemukan kontak dan mengakses email dengan lebih cepat. Jika anda memang banyak menggunakan layanan Google, tablet Honeycomb sungguh merupakan pilihan yang pintar.

MENELUSURI SARANG MADU

ketersediaan tablet yang menggunakan sistem Android honeycomb 3.0. Meski belum seramai tablet dengan Android versi sebelumnya, namun tablet Honeycomb beranjak makin banyak pilihannya. Sebut saja Samsung Galaxy tab 10.1 Motorola xoom,Asus Trasformer pad,LG Optimus pad,dan masih ada beberapa lainya.

Sistem operasi ini pun sudah di-update menjadi 3.1 dengan beberapa tambahan fitur. Samsung Galaxy Tab 10.1 adalah salah satu tablet pertama yang bersistem bawaan Android 3.1. Ada beberapa fitur baru di sistem ini,misalnya saja,pengaturan menu dan plilihan berbeda. di pojok kiri atas, Anda akan melihat perintah ‘search’ sebagai shorcut app bergambar laci¬† dan simbol’+’ yang memungkinkan anda menambahkan lebih banyak widget ke home.

Bicara tentang home sceen, Honeycomb menyediakan lima macam yang dapat anda mainkan. Anda dapat mengisinya dengan widget- widget yang meliputi berbagai macam aplikasi,termasuk Google mail,kalender,Youtube,dan Android Market. Juga di mungkinkan untuk menempatkan shortcut ke kotak favorit Anda sehingga anda dapat mengirimkan email ke mereka dengan cepat dan mudah .

Anda dapat mengakses semua home screen ini dengan menyapukan jari di layar baik ke kanan ataupun ke kiri. hal ini akan memicu efek 3D yang menawan, di mana layar akan terliahat seperti mengambar ke luar dari sisi tablet,meski transisi ini masih belum semulus seperti halnya menggulirkan jari di iPad 2.

Jika anda pernah nggunakan ponsel Android sebelumnya, Anda akan familiar dengan bar notifikasi praktis yang meluncur- turun di bagian atas layar. Notifikasi model ini malah “ditiru” oleh Apple ketika merilis iOS 5 yang di pergunakan tablet iPad dan ponsel Iphone-nya. Hanya saja, dengan Honeycomb, Google memilih untuk membuang fitur ini dan menggantinya dengan sistem pesan pop-up (muncul secara mendadak) yang di parkirkan di pojok kanan bawah layar. Mirip-mirip dengan system tray yang ada di sistem operasi Windows untuk komputer.

Notifikasi- Notifikasi penting- seperti email,update instalasi,dan laporan status pengunduhan -akan nongol di bagian layar ini. mengetukkan jari di bagian pojok akan memunculkan menu pop-up yang menampilkan semua pesan anda saat ini serta memungkinkan anda menyetel setting seperti tingkat kecerahan layar,WI-Fi,Bluetooth dan rotasi layar otomatis.

Serangkaian perintah sentuh juga di tempatkan di bar di bawah layar tersebut. Tombol home akan membawa anda kembali ke home screen utama, dan tidak perlu dipertanyakan lagi apa gunanya tombol back.

Ikon lainnya akan membuka sebuah gulungan menu berisi semua aplikasi anda yang sedang terbuka atau di gunakan saat itu. disinilah tenaga multitasking (menjalankan segala hal sekaligus) dari Android 3.1 terlihat jelas. Anda dapat berpindah antar -program aktif memakai menu ini,meskipun kadang dapat menyebabkan jeda karena si tablet sedang sibuk membuka aplikasi yang diminta.

Terakhir,ada sebuah lokasi tersembunyi di bagian bawah layar yang menyediakan berbagai macam shortcut ke aplikasi penting seperti kalender,notepad,kalkulator,waktu dunia,dan pemutaran musik.

Secara keseluruhan, Android 3.1 bukanlah upgrade besar-besaran dari 3.0 Google telah merencanakan peningkatan yang lebih besar untuk 3.2,termasuk kemampuan untuk mengontrol bagaimana aplikasi non-Honeycomb di tayangkan di layar yang lebih besar.

untuk saat ini,beberapa aplikasi mobile Android menolak tampilan Full-screen (secara penuh di layar) di Android Honeycomb dan memilih berjalan di layar yang lebih kecil. kabarnya Versi 3.2 menjanjikan perbaikan untuk hal ini.

Sistem Operasi Android Honeycomb khusus Untuk Tablet Pc | Tablet Pc Admin | 4.5